Agribisnis

Deskripsi

Kurikulum Program Studi Agrobisnis Fakultas Pertanian UNIBBA terdiri dari beberapa kelompok mata kuliah, yang meliputi : (i) Mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK), (ii) Mata kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK), (iii) Mata kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB), (iv) Mata kuliah Perilaku Berkarya (MPB), (v) dan Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB). Disamping mata kuliah tersebut mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti beberapa praktikum laboratorium dan lapangan yang bersifat wajib yang membekali keahlian dan keterampilan bidang tertentu.
Dalam rangka mewujudkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, maka Program Studi Agrobisnis menetapkan strategi mengajar sebagai berikut :
a. Merancang materi pembelajaran dalam tingkat dan intensitas tinggi
b. Mengkaji materi pengajaran sesuai dengan perkembangan dan perubahan mutakhir pada bidang ilmu Agrobisnis.
Metode pengajaran yang digunakan untuk menjalankan strategi tersebut di atas adalah (i) pembahasan Studi Kasus, (ii) Presentasi Makalah, (iii) Diskusi Kelompok, dan (iv) Penugasan Lapangan.
Struktur kegiatan kuliah untuk satu sks ditetapkan terdiri dari : (i) satu jam kegiatan tatap muka yag dijadwalkan, termasuk 10 menit istirahat, (ii) satu jam kegiatan akademik terstruktur yang tidak dijadwalkan di bawah bimbingan dosen yang bersangkutan misalnya pembahasan pekerjaan rumah/tugas, (iii) satu jam kegiatan mandiri mahasiswa (dapat dengan petunjuk dosen yang bersangkutan, misalnya membaca buku, membaca buku sumber, kegiatan dalam kelompok belajar dan sebagainya.

VISI

Program Studi Agrobisnis Fakultas Pertanian Universitas Bale Bandung menjadi lembaga yang terdepan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sehingga mampu mengembangkan Agrobisnis dan budaya kewirausahaan yang menunjang pembangunan nasional berkelanjutan dan mampu berkompetisi di era globalisasi.

MISI

Misi dari Program Studi Agrobisnis Fakultas Pertanian UNIBBA yaituSesuai dengan visi tersebut diatas sebagai suatu filosofi dasar, maka lebih lanjut dapat dijabarkan MISI dari Program Studi ini, yaitu:
1 Menyelenggarakan Pendidikan yang bermartabat dan bermutu tinggi yang mampu menghasilkan lulusan yang siap bekerja baik di bidang akademik ataupun profesional dalam mempelopori pengembangan usaha agribisnis.
2 Melaksanakan Penelitian , baik secara akademik maupun aplikatif yang dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan pendidikan dan pengembangan agribisnis baik di tingkat regional dan nasional
3 Melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat melalui pendidikan langsung maupun tak langsung berdasarkan hasil penelitian dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Agribisnis untuk kesejahteraan masyarakat.Kompetensi utama lulusan yang dibangun dari visi dan misi Program Studi Agribisnis yaitu:
1. Menjunjung tinggi norma, tata-nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab profesional.
2. Menguasai penerapan sains dasar untuk menyelesaikan persoalan bidang Agrobisnis.
3. Mampu merancang, melakukan pengujian dan penyelidikan laboratorium maupun lapangan, menganalisis hasil uji serta menginterpretasi data.
4. Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan permasalahan Agrobisnis.
5. Mampu merancang, merencanakan, serta melaksanakan pengembangan Agrobisnis yang berwawasan lingkungan.
6. Mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan bidang Agrobisnis.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran dapat dilihat dari beberapa kriteria seperti kompetensi lulusan, kesesuaian kompetensi dengan tuntutan dan kebutuhan, daya serap lulusan, lama studi dan kepuasan lulusan.
a. Kompetensi yang dicapai dibandingkan dengan yang diharapkan.
• Menghasilkan tenaga ahli yang berjiwa wirausaha, bertaqwa, berakhlaq mulia dan beramal ilmiah.
• Menghasilkan tenaga ahli yang mampu mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berjiwa islami.
• Menghasilkan tenaga ahli yang mampu membangun masyarakat dan negara yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang diridhoi Allah SWT.
b. Kesesuaian kompetensi yang dicapai dengan tuntutan dan kebutuhan pemanfaatan lulusan.
Untuk mengukur kesesuaian kompetensi dengan kebutuhan pasar kerja dapat diukur melalui hasil umpan balik dari pengguna. Berdasarkan hal tersebut ternyata kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
c. Data kemajuan, keberhasilan dan kurun waktu penyelesaian studi mahasiswa (termasuk IPK dan yudisium lulusan).
Kemajuan dan keberhasilan studi mahasiswa diukur dari IPK yang dicapainya di akhir masa studi, setelah mahasiswa menyelesaikan studinya, termasuk tugas akhir. Dalam 5 tahun terakhir Program Studi Agrobisnis meluluskan mahasiswa dengan IPK tertinggi yang dicapai lulusan adalah 3,54 ; sedangkan IPK terendah adalah 2,65 dan IPK rata-rata adalah 2,94. Rata-rata masa studi yang diperlukan mahasiswa untuk menyelesaikan studinya adalah 4,5 tahun.